5 Tips Untuk Decluttering Sentimental Items

     
    Sebelum saya menguraikan beberapa tips, tentu perlu untuk kita ketahui bersama apa itu sentimental items. Bagi beberapa orang, bahkan sebagai seorang minimalis pun, decluttering sentimental items tidak begitu mudah. Sentimental items adalah barang-barang yang memiliki ikatan emosi atau memori tertentu. Misalnya foto-foto lama, barang yang berkesan atau penuh kenangan, barang yang penuh perjuangan saat mendapatkannya, pemberian dari orang yang spesial, barang yang bersejarah, istimewa maupun dianggap antik, yang seringkali sulit dilepaskan. Jadi, decluttering sentimental items itu menyingkirkan atau menyortir barang-barang yang memiliki ikatan emosi atau memori tertentu.

    Saya juga merasakannya. Sudah sekitar 2 tahun yang lalu saya kehilangan ibu saya, karena sakit lalu meninggal dunia. Sangat tidak mudah bagi saya dan terutama keluarga saya untuk menyingkirkan barang-barang ibu atau apa pun yang berkaitan dengan ibu saya. Namun, saya lebih cepat merelakan daripada ayah saya dan daripada adik-adik saya. Meskipun bagi saya itu bukan hal yang begitu mudah. Saya meyakini bahwa pada dasarnya kenangan tidak sepenuhnya ada pada barang-barang, melainkan ada dalam hati dan pikiran kita. Berikut tips decluttering yang bisa kita coba.

1. Membuat batasan jumlah
Kita bisa membuat batasan jumlah khusus sentimental items untuk lebih minimalis. Misalnya barang kenangan tentang anak atau orang tua maksimal 1 box, kenangan dengan pasangan dan orang spesial maksimal 1 box, barang bersejarah 1 box. Membuat batasan jumlah ini fleksibel saja, disesuaikan dengan keadaan atau kondisi masing-masing, kapasitas rumah dan tentunya kesepakatan bersama keluarga.

2. Pilih yang paling spesial
Jika memiliki beberapa benda yang mirip/sejenis, pilihlah satu atau beberapa yang paling spesial untuk disimpan. Kita tidak harus menyingkirkan semuanya, jika kita merasa agak berat hati untuk menyingkirkan semuanya kita juga boleh saja mendokumentasikan sisa barang yang ingin kita singkirkan supaya bisa tetap diingat atau dikenang.
 
3. Ubah dalam bentuk digital
Setelah memilih yang paling spesial, untuk lebih minimalis, kita bisa mengubah sentimental items ke dalam bentuk digital. Ini merupakan alternatif cara untuk menyimpan kenangan. Dokumentasikan barang-barang tersebut dalam bentuk foto atau video dan simpan di kapasitas yang sesuai untuk bisa dilihat kapan saja.
 
4. Tunda waktu melepaskan (dengan batas waktu yang kita tentukan)
Bagi beberapa orang, mendeclutter sentimental items bukan hal yang mudah. Meskipun kita menyadari bahwa barang tersebut tidak kita butuhkan dan tidak digunakan, tetapi karena kenangan yang melekat padanya mungkin membuat kita sayang dan merasa berat hati. Tidak apa-apa, kumpulkan dulu di satu tempat dan dideclutter saat hati kita sudah siap.
 
5. Rasakan emosi yang ditimbulkan
Saat melakukan decluttering sentimental items, coba rasakan juga emosi seperti apa yang ditimbulkan oleh barang tersebut. Jika hanya menimbulkan emosi negatif, rasa sakit, rasa sedih yang berlarut bahkan berlebihan, kita tidak perlu ragu untuk menyingkirkannya. 

(fa.) 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenalan Sama Gaya Hidup Minimalis

Menjadi Penganut Filsafat Stoikisme

Menemukan Kenyamanan Dengan Diri Sendiri, Bukan Berarti Kesepian